Membentuk Karakter Siswa Melalui Upacara Bendera

KUDUS – Penguatan pendidikan moral atau pendidikan karakter saat ini sangat relevan demi mengatasi krisis moral yang sedang melanda negara kitaKrisis tersebut antara lain berupa meningkatnya tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan siswa-siswa dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan perusakan barang milik orang lain.

Dalam dunia pendidikan, pendidikan karakter siswa merupakan sebuah hal yang harus mendapat perhatian khususHal ini disebabkan karena pendidikan karakter merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan ciri khas atau sikap khas yang baik dalam diri siswa, sehingga siswa dapat berperilaku baik. Selain itu, pendidian karakter perlu dikembangkan di sekolah, sebab sekolah merupakan salah satu tempat dimana karakter siswa tumbuh dan berkembang. Apabila karakter siswa dibentuk secara baik dalam lingkungan sekolah, maka kelak siswa tersebut dapat tumbuh menjadi pribadi yang utuh, bermoral, serta bersikap dan berperilaku baik, sehingga mampu bersaing di kemudian hari.

Di SMK AL – ISLAM KUDUS upaya ini salah satunya dilakukan dalam kegiatan Upcara bendera, Pada kegiatan upacara bendera terdapat nilai-nilai yang bisa membentuk karakter siswa, antara lain nilai cinta tanah air, nilai penghargaan terhadap jasa para pahlawan, nilai ketertiban, nilai kedisiplinan, nilai penghormatan dan penghargaan, serta nilai kekompakan dan kerja sama. Melalui upacara bendera, siswa belajar bagaimana mencintai negara dan tanah air yang telah merdeka dari tangan para penjajah. Siswa pun belajar menghargai sesama melalui penghargaanya terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi mencapai kemerdekaan negara ini. Selain itu, melalui upacara bendera siswa belajar ketertiban dan kedisiplinan serta taat terhadap peraturan yang berlaku sebagai modal baginya untuk mencapai kesuksesan. Siswa juga belajar bagaimana menanamkan sikap menghormati dan menghargai sesama melalui penghormatan dan penghargaan terhadap bendera Merah Putih pada saat upacara bendera. Kekompakan serta kerja sama pun dapat ditanamkan di dalam diri siswa yang pada saat upacara bendera berperan sebagai petugas upacara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *